Home Sains 10 Fakta Lubang Hitam Yang Cadas Banget

10 Fakta Lubang Hitam Yang Cadas Banget

10 fakta lubang hitam yang belum banyak orang tahu

Black hole adalah satu-satu nya objek yang mampu menangkap dan menarik cahaya karena begitu efek besarnya gravitasi yang dimiliki. Sampai saat ini para ilmuwan masih menyakini bahwa, black hole terbentuk karena planet supermasif yang mati karena memiliki masa dan tak mampu menahan gravitasinya sendiri. Apapun yang menyentuh horison black hole tak ada harapan untuk kembali, semua akan tertarik oleh gravitasi.

Berikut ini adalah 10 fakta mengenai black hole yang begitu luar biasa

1. Black Hole tidak menghisap

Black hole sama saja dengan planet ataupun bintang, dia hanya diam, pasif dan tidak dapat menarik objek lain untuk terhisap. Benda atau materi apapun yang jatuh ke black hole bukan karena terhisap, melaikan benda itu terpengaruh oleh gravitasi yang dimiliki oleh black hole. Misalnya saja bila matahari yang kita punya ini tiba-tiba menjadi black hole, bumi beserta planet-planet lain, tetap berevolusi, berotasi secara normal.

2. Bukan Enstein Yang Menemukan Black Hole

blak hole bukan gagasan einstein

Einstein tidak menemukan keberadaan lubang hitam – meskipun teorinya tentang relativitas memprediksi pembentukannya. Karl Schwarzschild adalah orang pertama yang menggunakan persamaan revolusioner Einstein dan menunjukkan bahwa lubang hitam memang bisa terbentuk.

Dia menyelesaikan tahun yang sama dengan Einstein yang menerbitkan teorinya tentang relativitas umum pada tahun 1915. Dari karya Schwarzschild, sebuah istilah yang disebut radius Schwarzschild, sebuah pengukuran seberapa kecil Anda harus memampatkan objek untuk membuat lubang hitam.

Jauh sebelum ini, polymath Inggris John Michell memperkirakan keberadaan ‘bintang gelap’ begitu besar atau begitu terkompresi sehingga mereka bisa memiliki daya tarik gravitasi yang begitu kuat bahkan cahaya pun tidak bisa terlepas; Lubang hitam belum ada nama istilahnya sampai tahun 1967.

3. Lubang hitam bisa membuat anda seperti manusia karet

Lubang hitam mampu membuat tubuh anda memanjang dalam arti yang sebenarnya, istilahnya adalah ‘spaghettification’.

Misalnya, saat kakimu menyentuh garis batas lubang hitam, yang pertama dan harus disadari adalah kamu tidak mungkin terlepas.Horor berikutnya adalah, ujung kakimu akan memanjang karena tarikan gravitasi, sedangkan tubuhmu tidak. Semakin masuk kakimu kedalam, semakin cepat dan kuat kakimu terjatuh kedalam lubang hitam, semakin panjang seperti karet, sementara tubuhmu masih utuh tanpa terpengaruh gravitasi.

4. Di Balik Lubang Hitam Ada Alam Semesta Yang Baru

Mungkin terdengar gila bahwa lubang hitam gerbang ke alam semesta baru, namun penelitian mengenai ini memang benar-benar serius dilakukan.

5. Semua ruang disekitar lubang hitam benar-benar ditarik masuk.

Gambaran ruang sebagai lembaran karet yang diregangkan dengan garis grid persimpangan. Bila Anda menempatkan sebuah benda di atas lembaran itu, ia akan tenggelam sedikit.

Semakin besar/berat benda yang Anda letakkan pada lembaran, semakin dalamnya tenggelam. Efek tenggelam ini mendistorsi garis grid sehingga tidak lurus lagi, namun melengkung.

Semakin dalam sumur yang Anda buat di luar angkasa, makin banyak distorsi dan kurva ruang. Dan sumur terdalam dibuat adalah yang dibuat oleh lubang hitam. Lubang hitam menciptakan sumur dalam di ruang angkasa sehingga tidak ada cukup energi untuk naik kembali, bahkan cahayapun tersedot kedalam.

6. Black Hole adalah sumber energi

Lubang hitam bisa menghasilkan energi lebih efisien dari Matahari kita. Cara kerja ini ada kaitannya dengan material cakram yang mengorbit di sekitar lubang hitam. Bahan yang paling dekat dengan pinggiran di tepi cakrawala bagian dalam, cakram akan mengorbit jauh lebih cepat daripada material di tepi luar cakram. Ini karena tarikan gravitasi lebih kuat di dekat cakrawala.

Karena bahannya mengorbit dan bergerak dengan sangat cepat, ia memanas hingga miliaran derajat Fahrenheit, yang memiliki kemampuan untuk mengubah massa dari bahan menjadi energi dalam bentuk yang disebut radiasi blackbody.

Untuk membandingkan, fusi nuklir mengubah sekitar 0,7 persen massa menjadi energi. Kondisi di sekitar lubang hitam mengubah 10 persen massa menjadi energi. Itu perbedaan besar,sangat besar!

7. Ada Lubang Hitam Supermasif di pusat galaksi kita.

Para ilmuwan percaya bahwa ada lubang hitam supermasif di pusat hampir setiap galaksi – termasuk milik kita sendiri. Lubang hitam ini benar-benar merupakan anchor/jangkar galaksi, menahan mereka bersama agar selalu di tempat nya.

Lubang hitam di pusat Bima Sakti, Sagitarius A, lebih dari empat juta kali lebih masif dari matahari kita. Meskipun lubang hitam, yang hampir 30.000 tahun cahaya jauhnya, sangat tidak aktif saat ini, para ilmuwan percaya bahwa 2 juta tahun yang lalu, lubang hitam tersebut meletus dalam sebuah ledakan yang bahkan mungkin telah terlihat dari Bumi.

8. Black Hole membuat waktu berjalan lambat

Untuk memahami mengapa, pikirkan kembali eksperimen kembar yang sering digunakan untuk menjelaskan bagaimana ruang dan waktu bekerja sama dalam teori relativitas umum Einstein:

Salah satu dari orang kembar tetap berada di Bumi sementara yang lainnya melesat ke luar angkasa dengan kecepatan cahaya, berbalik, dan kembali ke rumah. Orang yang begerak lebih cepat, akan kembali dalam kedaan yang masih mudah, karena waktu bagi dia berjalan lebih lama.

Saat Anda mencapai cakrawala, Anda bergerak dengan kecepatan tinggi karena gaya gravitasi yang kuat dari lubang hitam, dalam kecepatan tersebut waktu itu akan melambat.

9. Lubang Hitam Akan Menguap Dan Lenyap

Penemuan mengejutkan ini pertama kali diprediksi oleh Stephen Hawking pada tahun 1974. Fenomena ini disebut radiasi Hawking fisikawan terkenal.

Radiasi Hawking menyebarkan massa lubang hitam ke angkasa dan dari waktu ke waktu, terus menerus sampai tidak ada yang tersisa, yang pada dasarnya membunuh lubang hitam. Inilah sebabnya mengapa radiasi Hawking juga dikenal sebagai penguapan lubang hitam

10. Semua Bisa Berubah Menjadi Lubang Hitam

Satu-satunya perbedaan antara lubang hitam dan Matahari kita adalah bahwa pusat lubang hitam terbuat dari bahan yang sangat padat, yang memberi lubang hitam medan gravitasi yang kuat. Medan gravitasi ini bisa menjebak semuanya, termasuk cahaya, karena itulah kita tidak bisa melihat lubang hitam.

Secara teoritis anda bisa mengubah sesuatu menjadi lubang hitam.

Jika Anda menyusutkan/mengkrompresi Matahari kita hingga 3,7 mil (6 km) membuatnya menjadi sangat padat dan juga membuat warna hitam, ketika itu terjadi lubang hitam tercipta. Teori ini bisa dilakukan pada objek apapun termasuk tubuh anda sendiri.

Namun kenyataannya, kita hanya tahu satu cara yang bisa menghasilkan lubang hitam: adalah tarikan gravitasi bintang yang sangat masif yang 20 sampai 30 kali lebih masif daripada Matahari kita.