Home Sains Ada Hutan Hujan Yang Tersembunyi Antartika

Ada Hutan Hujan Yang Tersembunyi Antartika

hutan hujan

Ternyata sekitar 90 juta tahun yang lalu, Antartika Barat adalah sebuah kawasan hutan hujan beriklim sedang, berdasarkan fosil, serbuk sari dan spora yang baru-baru ini ditemukan di sana.

Dunia adalah tempat yang berbeda saat itu.

Selama pertengahan periode Cretaceous (145 juta hingga 65 juta tahun lalu), dinosaurus menjelajahi Bumi dan permukaan laut lebih tinggi 5170 meter daripada sekarang.

Suhu permukaan laut di daerah tropis bisa mencapai 35 derajat Celcius.

Iklim yang panas ini memungkinkan terjadinya hutan hujan, mirip yang terjadi di Selandia Baru saat ini.

Sisa-sisa hutan hujan ditemukan di bawah es pada inti sedimen yang dikumpulkan oleh tim peneliti internasional dari dasar laut di dekat Pine Island Glacier di Antartika Barat pada 2017.

Begitu tim melihat inti, mereka tahu mereka memiliki sesuatu yang tidak biasa.

Lapisan yang terbentuk sekitar 90 juta tahun lalu berwarna berbeda.

“Itu jelas berbeda dari lapisan di atasnya,” kata ketua peneliti Johann Klages, seorang ahli geologi di Alfred Wegener Institute Helmholtz Center for Polar and Marine Research di Bremerhaven, Jerman.

Kembali ke lab, tim memasukkan inti ke dalam pemindai CT (computed tomography).

Gambar digital yang dihasilkan menunjukkan jaringan akar yang padat di seluruh lapisan tanah.

Kotoran juga mengungkapkan serbuk sari kuno, spora dan sisa-sisa tanaman berbunga dari periode Cretaceous.

Dengan menganalisis serbuk sari dan spora, rekan peneliti studi Ulrich Salzmann, seorang ahli paleoekologi di Universitas Northumbria di Inggris, mampu merekonstruksi vegetasi dan iklim Antartika Barat yang berusia 90 juta tahun di Antartika.

“Banyaknya sisa-sisa tanaman mengindikasikan bahwa pantai Antartika Barat, pada waktu itu, adalah hutan rawa yang beriklim sedang, mirip dengan hutan yang ditemukan di Selandia Baru hari ini,” kata Salzmann dalam pernyataan itu.

Inti sedimen mengungkapkan bahwa selama pertengahan Kapur, Antartika Barat memiliki iklim ringan, dengan suhu udara rata-rata tahunan sekitar 12 C, mirip dengan Seattle.

Suhu musim panas lebih hangat, dengan rata-rata 19 C. Di sungai dan rawa, air akan mencapai hingga 20 C.

Selain itu, curah hujan saat itu sebanding dengan curah hujan Wales, Inggris, hari ini, para peneliti menemukan.

Suhu ini sangat hangat, mengingat Antartika memiliki malam kutub empat bulan, yang berarti sepertiga setiap tahun tidak memiliki sinar matahari yang memberi kehidupan.

Namun, dunia lebih hangat saat itu, sebagian, karena konsentrasi karbon dioksida di atmosfer tinggi – bahkan lebih tinggi dari yang diperkirakan sebelumnya, menurut analisis inti sedimen, kata para peneliti.

“Sebelum penelitian kami, asumsi umum adalah bahwa konsentrasi karbon dioksida global di Cretaceous kira-kira 1.000 ppm [bagian per satu juta],” rekan peneliti studi Gerrit Lohmann, seorang pemodel iklim di Alfred Wegener Institute, mengatakan dalam pernyataan itu.

“Tetapi dalam percobaan berbasis model kami, butuh tingkat konsentrasi 1.120 hingga 1.680 ppm untuk mencapai suhu rata-rata saat itu di Antartika.”

Temuan ini menunjukkan bagaimana gas rumah kaca yang kuat seperti karbon dioksida dapat menyebabkan suhu meroket, sedemikian rupa sehingga Antartika Barat yang beku sekarang menjadi tuan rumah hutan hujan.

Selain itu, ini menunjukkan betapa pentingnya efek pendinginan dari lapisan es saat ini, kata para peneliti.

Penelitian ini dipublikasikan online 1 April di jurnal Nature .