Home Sains Bagaimana Cara Ilmuwan Mengetahui Jarak Antar Planet?

Bagaimana Cara Ilmuwan Mengetahui Jarak Antar Planet?

cara-mengetahui-jarak-antar-planet

Hingga 500 tahun yang lalu, kebanyakan orang masih menyangka jika bumi adalah pusat tata surya, dimana matahari, bulan dan benda angkasa lain berputar mengelilingi bumi.

Johannes Kepler

Pada tahun 1951, saat kepler lahir. Orang mulai memikirkan gagasan jika sebenarnya bumilah yang mengelilingi matahari, namun masih sulit untuk menjelaskan bagaimana itu terjadi.

Kepler adalah orang pertama yang menjelaskan pergerakan planet-planet yang membingungkan dengan menyadari bahwa orbit mereka di sekitar Matahari bukanlah lingkaran yang sempurna, tetapi sebaliknya adalah elips, seperti lingkaran yang memanjang.

Johannes Kepler
Johannes Kepler orang pertama yang mampu menjelaskan dengan jika bumi mengelilingi matahari

Kepler menemukan bahwa gerakan planet-planet dapat digambarkan dengan sangat akurat oleh beberapa rumus matematika sederhana.

Semakin dekat sebuah planet dengan Matahari, semakin cepat ia bergerak, dan Kepler menemukan metode untuk menghubungkan jarak rata-rata planet dari Matahari ke waktu yang dibutuhkan planet ini untuk membuat orbit lengkap mengelilingi Matahari.

Penemuan Kepler memungkinkannya untuk mengetahui seberapa jauh atau lebih jauh semua planet ke Matahari daripada Bumi, meskipun hingga saat itu ia tidak bisa mengetahui jarak sebenarnya.

Misalnya, dia tahu Mars lebih dekat daripada Saturnus, karena satu orbit Mars membutuhkan waktu kurang dari 2 tahun, sementara satu orbit Saturnus membutuhkan waktu sekitar 29 tahun.

Meskipun dia tidak bisa menggunakannya untuk menghitung jarak sebenarnya, dia mengetahui bahwa Mars sekitar 1,5 kali lebih jauh dari Matahari daripada Bumi, dan Saturnus 10 kali lebih jauh daripada Matahari.

Jika saja para astronom dapat menentukan jarak dari Bumi ke planet lain atau Matahari, mereka bisa menggunakannya untuk menemukan jarak ke semua planet, dan pemahaman mereka tentang pengaturan tata surya akan sangat meningkat.

Gian Domenico Cassini

Salah satu orang pertama yang membuat pengukuran dengan baik tentang jarak ke planet adalah astronom hebat Gian Domenico Cassini.

Pada 1672, Cassini menggunakan teknik yang disebut paralaks untuk mengukur jarak ke Mars.

Anda dapat memahami paralaks dengan memegang ibu jari Anda dengan menjulurkan tangan dan melihatnya dengan satu mata (kiri/kanan), dan kemudian yang lain.

Perhatikan bagaimana ibu jari Anda tampaknya bergeser maju-mundur terhadap benda-benda yang lebih jauh.

Karena kedua mata Anda dipisahkan oleh beberapa centi, masing-masing melihat jempol Anda dari posisi yang berbeda.

Ibu jari Anda tampaknya bergerak adalah paralaksnya.

Ketika para astronom mengukur paralaks suatu objek dan mengetahui pemisahan antara dua posisi dari mana ia diamati, mereka dapat menghitung jarak ke objek.

cara-mengetahui-jarak-antar-planet-metode-parallax
Cara yang sama saat mengukur jarak ibu jari dari mata kita

Menggunakan pengamatan di Bumi yang dipisahkan oleh ribuan mil – seperti melihat melalui dua mata yang sangat berjauhan – pengukuran paralaks dapat mengungkapkan jarak yang sangat jauh ke planet.

Meskipun dia tidak mendapatkan jawaban yang akurat, hasil Cassini sangat dekat dengan nilai yang benar.

Jarak Matahari adalah sekitar 150 juta km dari Bumi.

Saturnus, adalah planet paling jauh yang diketahui ketika Cassini masih hidup, berjarak sekitar 900 juta mil jauhnya. Bayangkan betapa menggairahkannya baginya untuk menemukan bahwa tata surya begitu luar biasa besar!

TAG