Home Sains Hewan ini tidak perlu bernafas untuk hidup

Hewan ini tidak perlu bernafas untuk hidup

Tanpa genom mitokondria

Henneguya-salminicola

Salah satu ciri mahluk hidup adalah bernafas, entah itu menghirup oksigen maupun karbon dioksida. Itu dulu, karena baru-baru ini, para ilmuwan menemukan hewan yang benar-benar hidup tanpa bernafas.

Ini adalah hewan pertama yang ditemukan tanpa genom mitokondria menjadi bukti jika mereka tak butuh bernafas untuk hidup.

Henneguya salminicola adalah gumpalan parasit yang terdapat dalam daging ikan, menjadi satu-satunya mahluk hidup (saat ini) yang tidak bernafas.

Semua hewan multi sel memiliki yang ada di Bumi, memiliki beberapa baris DNA yang berhubungan denga respirasi.

Namun Henneguya salminicola sama sekali tidak ditemukan.

Analisis mikroskopis dan genomik, Henneguya salminicola tidak seperti hewan multi sel lainnya. Pada Henneguya salminicola tidak ditemukan genom mitokondria.

Genom mitokondria adalah bagian kecil dari DNA yang bertanggung jawab untuk proses respirasi.

Dorothée Huchon, seorang ahli biologi evolusi di Universitas Tel Aviv di Israel mengatakan ,”Mereka kehilangan jaringan, sel saraf, otot termasuk kemampuan untuk bernafas”

Henneguya salminicola merubah gen menjadi lebih sederhana, dan membuat mereka semakin cepat dan mudah dalam proses reproduksi.

Kita biasanya menemukan proses evolusi hewan yang semakin lama-semakin kompleks.

Namun Henneguya salminicola adalah sebaliknya.

Mereka hidup berasal dari hewal multi sel, menjadi hewan ber-sel tunggal.

Lalu jika mereka tidak punya “alat respirasi” darimana mereka mendapatkan energi?

Kemungkinan mereka mengimpor ATP(energi molekuler) dari inangnya yang terinfeksi.

Nampun kesimpulan mengenai darimana Henneguya salminicola mendapatkan energi belum sepenuhnya meyakinkan, kata Huchon