Home Sains Mengapa Rambut Kita Bisa Beruban?

Mengapa Rambut Kita Bisa Beruban?

Three Men's Heads --- Image by © Mark Hamilton/zefa/Corbis

Kadang-kadang guncangan atau penyakit yang tiba-tiba dapat mengubah rambut menjadi abu-abu – Barbara Bush, istri dari mantan presiden Amerika yang meninggal awal bulan April lalu, dilaporkan memiliki rambut cokelatnya berubah dengan cepat menjadi abu-abu (beruban), setelah kematian putri mereka.

Tapi bagaimana penuaan dini terjadi? Para ilmuwan mengatakan penelitian baru yang menggunakan hewan, dapat membantu menjernihkan misteri tersebut.

Studi pada tikus menunjukkan ada hubungan antara gen yang berkontribusi pada warna rambut, kulit dan gen yang mengingatkan tubuh tentang infeksi.

“Penemuan baru ini menunjukkan bahwa gen yang mengontrol pigmen pada rambut dan kulit juga bekerja untuk mengendalikan sistem kekebalan tubuh bawaan,” kata rekan penulis studi William Pavan.

mengatasi rambut beruban

“Hasil ini dapat meningkatkan pemahaman kita tentang rambut beruban,” katanya. Pavan adalah kepala penelitian penyakit genetik di National Human Genome Research Institute AS.

Penulis penelitian menjelaskan bahwa ketika tubuh diserang oleh virus atau bakteri, sistem kekebalan tubuh bawaan mulai bekerja.

Namun, para peneliti mengatakan mereka terkejut dengan hubungan yang mereka temukan antara aktivasi sistem kekebalan tubuh dan pigmentasi rambut pada tikus.

Laporan ini diterbitkan online 3 Mei di jurnal PLoS Biology . Penelitian ini tidak dapat membuktikan hubungan sebab-akibat, dan penelitian pada hewan apakah juga sama dengan yang terjadi pada manusia.

Namun, “menemukan hubungan ini akan membantu kita memahami penyakit pigmentasi dengan keterlibatan sistem kekebalan tubuh bawaan, seperti vitiligo ,” kata Pavan dalam rilis berita jurnal.

Vitiligo adalah kondisi yang menyebabkan bercak kulit berubah warna. Ini mempengaruhi kurang dari 1 persen orang.

Mengapa hewan pengerat yang cenderung menjadi abu-abu lebih rentan terhadap perubahan, dan dalam sistem kekebalan tubuh yang memberi sinyal tidak jelas.

Para peneliti mengatakan mereka akan melanjutkan studi mereka untuk menjawab pertanyaan ini.

Hasil penelitian ini juga diharapkan mampu menjawab bagaimana cara mencegah rambut beruban, dan mungkin juga bisa ditemukan obat untuk rambut beruban.