Home Sains Para Ilmuwan Baru Saja Menemukan 1000 Gen Baru Yang Berhubungan Dengan...

Para Ilmuwan Baru Saja Menemukan 1000 Gen Baru Yang Berhubungan Dengan Kecerdasan

Para peneliti telah mengidentifikasi lebih dari 1.016 gen spesifik yang terkait dengan kecerdasan , yang sebagian besar tidak diketahui oleh sains sebelumnya.

Sebuah tim internasional melakukan penelitian asosiasi genetika skala besar tentang kecerdasan, menemukan 190 genomik lokus baru dan 939 gen baru yang terkait dengan kecerdasan , dimana hal tersebut secara signifikan memperluas pemahaman kita tentang basis genetik fungsi kognitif.

Dipimpin oleh ahli genetika statistik Danielle Posthuma dari Vrije Universiteit Amsterdam di Belanda, para peneliti melakukan studi asosiasi genome (GWAS) dari hampir 270.000 orang dari 14 kohor independen keturunan Eropa.

Semua orang ini mengambil bagian dalam tes neurokognitif yang mengukur kecerdasan mereka, dan ketika peneliti membandingkan skor mereka dengan variasi dalam DNA peserta – disebut polimorfisme nukleotida tunggal (SNP) – Melalui proses ini anda dapat melihat mutasi mana yang terkait dengan kecerdasan tinggi.

Dari lebih dari 9 juta mutasi yang terdeteksi dalam sampel, tim Posthuma mengidentifikasi 205 wilayah dalam kode DNA terkait dengan kecerdasan (hanya 15 di antaranya telah diisolasi sebelumnya), dan 1.016 gen spesifik (77 di antaranya telah ditemukan).

Menurut tim, gen yang membuat kecerdasan juga terlihat memberi efek perlindungan terhadap kesehatan kognitif secara keseluruhan, dengan analisis menemukan korelasi negatif dengan penyakit Alzheimer , gangguan perhatian / hiperaktif , gejala depresi , dan skizofrenia .

Namun, gen-gen kecerdasan berkorelasi dengan peningkatan autisme , dan juga umur panjang , yang menunjukkan bahwa orang-orang dengan dasar genetik kecerdasan tinggi ini lebih mungkin untuk hidup lebih lama.

“Hasil kami menunjukkan tumpang tindih dalam proses genetik yang terlibat dalam fungsi kognitif dan sifat neurologis dan psikiatri dan memberikan bukti sugestif asosiasi penyebab yang dapat mendorong korelasi ini,” tulis para peneliti .

“Hasil ini penting untuk memahami dasar biologis fungsi kognitif dan berkontribusi untuk memahami gangguan neurologis dan kejiwaan terkait.”

Proyek ini dibangun berdasarkan penelitian serupa yang dipimpin oleh Posthuma dan dipublikasikan tahun lalu. Namun, pada waktu itu, para peneliti hanya mengidentifikasi 40 gen baru yang terkait dengan kecerdasan, sehingga analisis tahun ini menunjukkan jarak yang jauh lebih besar untuk membuka basis genetika yang jauh lebih luas untuk kecerdasan.

Dan bukan hanya pemahaman kita tentang kecerdasan yang semakin terbuka lebar.

Dalam studi baru yang terpisah juga dipimpin oleh Posthuma, peneliti melakukan besar GWAS lain – kali ini melibatkan 449.484 orang – dan diidentifikasi 136 genome-wide lokus signifikan yang terkait dengan neurotisisme , dan 599 gen terlibat.

Dari lokus genetik, 124 yang baru bagi ilmu pengetahuan, dan mengingat bahwa sejauh ini, melalui peneliti GWAS hanya diidentifikasi 16 lokus terkait dengan neurotisisme, itu adalah langkah besar bagi pemahaman kita tentang apa yang membantu kondisi listrik seperti depresi , kecemasan , dan schizophrenia .

Menurut tim, ada dua ‘subkluster’ berbeda dari neurotisisme – yang berkaitan dengan ‘ pengaruh depresi ‘, dan yang lainnya khawatir.

Meskipun mungkin diperlukan beberapa waktu sebelum implikasi penuh dari ini dapat dipahami, tim mengatakan kita sekarang memiliki “petunjuk baru dan hipotesis fungsional yang dapat diuji untuk mengungkap neurobiologi neurotisisme”, yang mungkin bisa membantu orang yang mengalami neurotisme di masa depan.

Temuan ini dilaporkan dalam Nature Genetics di sini dan di sini .