Home Sains Sejarah Matematika Cina

Sejarah Matematika Cina

liu-hui-sejarah-matematika

Saat perkembangan matematika Yunani kuno mulai goyah, China justru mengalami perkembangan yang signifikan dibidang matematika.

Sistem penomoran tradisional Tiongkok sederhana namun efisien, diperkirakan perkembangan matematika dimulai pada pertengahan abad ke 2 SM. Dengan menggunakan batang bambu kecil yang disusun untuk mewakili angka 1 sampai 9, kemudian yang berada dibawah kolom mewakili satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dll. Oleh karena itu, sistem nilai desimal yang mereka gunakan saat itu sudah sangat mirip dengan yang kita gunakan saat ini – memang ini adalah sistem bilangan pertama, yang diadopsi oleh orang China lebih dari seribu tahun sebelum diadopsi di Barat – dan ini membuat perhitungan yang cukup rumit menjadi sangat cepat dan mudah

angka-dalam-bahasa-cina
Angka dalam bahasa china

Tapi bagaimanapun, tulisan angka ini masih kurang efisien, karena pada saat itu tidak ada konsep atau simbol untuk angka nol. Hingga membatasi kegunaan tulisan nomor dalam bahasa Cina, terutama untuk ratusa, ribuan dsb.

Penggunaan sempoa sering dianggap sebagai gagasan yang berasal dari Cina, meskipun beberapa jenis sempoa digunakan di Mesopotamia , Mesir dan Yunani , yang mungkin jauh lebih awal daripada China (sempoa Cina pertama, atau “suanpan”, diketahui telah berumuh 2SM).

Ada daya tarik yang meluas pada angka dan pola matematika di China kuno, dan jumlah yang berbeda diyakini memiliki makna kosmis. Secara khusus, kotak ajaib – kotak angka dimana setiap baris, kolom dan diagonal ditambahkan ke jumlah yang sama – dianggap memiliki signifikansi spiritual dan religius.

kotak lho su sejarah matematika
kotak lho su

Kotak Lo Shu, terdiri dari tiga baris persegi disetiap barisnya, dimana bila kamu menjumlahkan tiap baris, kolom maupun diagonal akan selalu menghasilkan anga 15.Kotak (ajaib) Lo Shu ini diperkirakan telah berumur sekitar tahun 650 SM (menurut legend: Kaisar Yu menemukan kotak itu dipunggung kura-kura). lalu dengan segera, kaisar YU membuat lagi kotak ajaib yang lebih besar, rumit,berkekuatan magis dan matematis yang lebih rumit lagi, yang berpuncak pada kotak, lingkaran dan segitiga ajaib Yang Hui di abad ke 13 (Yang Hui juga menghasilkan representasi trianglular dari koefisien binomial yang identik dengan Segitiga Pascal, dan barangkali yang pertama menggunakan pecahan desimal dalam bentuk modern).

sejarah matematika china

Tapi faktor utama matematika Tionghoa mengalami kemujuan adalah sebagai respons terhadap kebutuhan kaisar. Buku teks berjudul “Jiuzhang Suanshu” atau “Sembilan Bab tentang Seni Matematika” (ditulis sekitar 200 SM dan seterusnya, mungkin juga ditulis oleh berbagai penulis) menjadi alat penting dalam pendidikan pegawai negeri sipil saat itu, yang mencakup ratusan masalah di bidang praktis seperti perdagangan, perpajakan, teknik dan pembayaran upah.

Buku ini sangat penting karena di dalamnya juga menerangkan bagaimana memecahkan persamaan, pengurangan jumlah menggunakan metode berbasis matrix yang canggih, tidak pernah diketahui oleh Barat sampai Carl Friedrich Gauss menemukannya kembali pada awal Abad 19 (dan yang sekarang dikenal sebagai eliminasi Gauss).

Di antara ahli matematika hebat China kuno adalah Liu Hui, yang menghasilkan sebuah komentar rinci mengenai “Nine Chapters” pada 263 M, adalah salah satu matematikawan pertama yang diketahui meninggalkan akar yang tidak dievaluasi, memberikan hasil yang lebih tepat daripada perkiraan. Dengan pendekatan menggunakan poligon biasa dengan 192 sisi, ia juga merumuskan sebuah algoritma yang menghitung nilai π sebagai 3.14159 (benar sampai lima tempat desimal), dan juga mengembangkan bentuk awal dari kalkulus integral dan diferensial.

Orang-orang Cina melanjutkan untuk memecahkan persamaan yang jauh lebih kompleks dengan menggunakan angka yang jauh lebih besar daripada yang dituliskan dalam “Nine Chapters”. Mereka juga mulai mengejar lebih banyak masalah matematika abstrak (walaupun biasanya ditulis dalam istilah praktis yang agak artifisial), termasuk apa yang telah dikenal sebagai the Chinese Remainder Teorema. Ini menggunakan sisa setelah membagi nomor yang tidak diketahui dengan suksesi jumlah yang lebih kecil, seperti 3, 5 dan 7, untuk menghitung nilai terkecil dari nomor yang tidak diketahui. Sebuah teknik untuk memecahkan masalah seperti itu, oleh Sun Tzu di abad ke-3 Masehi bisa dianggap sebagai salah satu permata matematika, digunakan untuk mengukur pergerakan planet oleh para astronom China pada abad ke-6 Masehi, dan bahkan hari ini memiliki kegunaan praktis, seperti di kriptografi internet.

Pada abad ke-13, Zaman Keemasan matematika Cina, ada lebih dari 30 sekolah matematika bergengsi yang tersebar di seluruh China. Mungkin matematikawan China yang paling cemerlang saat ini adalah Qin Jiushao, seorang administrator kaisar dan pejuang yang kejam serta korup, yang mengeksplorasi solusi untuk persamaan kuadrat dan bahkan kubik dengan menggunakan metode pendekatan berulang yang sangat mirip dengan yang belakangan ditemukan di Barat oleh Sir Isaac Newton di abad ke-17. Qin bahkan memperluas tekniknya untuk memecahkan (walaupun kira-kira) persamaan yang melibatkan angka sampai dengan kekuatan sepuluh, matematika yang sangat kompleks untuk masanya.