Home Sains Sejarah Matematika Hellenistik Yunani

Sejarah Matematika Hellenistik Yunani

Pada abad ke-3 SM, setelah penaklukan Alexander Agung, terobosan matematis juga mulai dilakukan di pinggiran kerajaan Hellenistik Yunani.

Secara khusus, Aleksandria di Mesir menjadi pusat pendidikan yang hebat dengan bantuan dermawan dari Ptolemies, dan Perpustakaannya yang terkenal menyaingi Akademi Athena.

Para pengunjung Perpustakaan itu bisa dibilang sebagai ilmuwan profesional pertama, membayar pengabdian mereka untuk penelitian.

Di antara matematikawan terkenal dan paling berpengaruh yang belajar dan mengajar di Alexandria adalah Euclid , Archimedes , Eratosthenes, Heron, Menelaus dan Diophantus .

Pada akhir abad ke-4 dan awal abad ke-3 SM, Euclid adalah penulis sejarah matematika yang hebat, dan salah satu guru paling berpengaruh dalam sejarah.

Dia hampir menemukan geometri klasik (Euclidean) seperti yang kita ketahui saat ini.

Archimedes menghabiskan sebagian besar hidupnya di Syracuse, Sisilia, tapi juga pernah belajar di Alexandria.

Dia mungkin paling dikenal sebagai insinyur dan penemu, namun, sehubungan dengan penemuan terakhir, dia sekarang dianggap sebagai salah satu matematikawan murni terbesar sepanjang masa.

Eratosthenes dari Alexandria adalah dekat dengan Archimedesdi abad ke 3 SM. Seorang matematikawan, astronom dan ahli geografi, dia merancang sistem lintang dan bujur pertama, dan menghitung keliling bumi dengan tingkat akurasi yang luar biasa.

Sebagai seorang matematikawan, warisan terbesarnya adalah algoritma “Sieve of Eratosthenes” untuk mengidentifikasi bilangan prima.

Tidak diketahui kapan perpustakaan besar Alexandria terbakar, namun Alexandria tetap menjadi pusat intelektual penting selama beberapa abad.

Pada abad ke 1 SM, Heron (atau Hero) adalah penemu Alexandrian lainnya, yang paling dikenal di kalangan matematika untuk segitiga Heronian (segitiga dengan sisi integer dan area integer), Formula Heron menemukan area segitiga dari panjang sisi, dan Metode Heron untuk menghitung akar kuadrat secara iteratif.

Dia juga merupakan matematikawan pertama yang ikut memikirkan gagasan √-1 (walaupun dia tidak tahu solusinnya, sesuatu yang harus menunggu Tartaglia dan Cardano di abad ke-16 ).

Menelaus dari Alexandria, yang tinggal di abad ke 1 – 2 Masehi, adalah orang pertama yang mengenali geodesi pada permukaan yang melengkung sebagai analog alami garis lurus pada bidang datar.

Bukunya “Sphaerica” ​​membahas geometri bola dan aplikasinya dalam pengukuran dan perhitungan astronomi, dan memperkenalkan konsep segitiga sferis (sosok yang terdiri dari tiga lengkungan lingkaran besar, yang dinamakannya “trilateral”).

Pada abad ke-3 Masehi, Diophantus dari Alexandria adalah orang pertama yang mengenali pecahan sebagai angka, dan dianggap sebagai inovator awal di bidang yang kemudian dikenal sebagai aljabar.

Dia menerapkan dirinya pada beberapa masalah aljabar yang cukup kompleks, termasuk yang sekarang dikenal sebagai Analisis Diophantine, yang berhubungan dengan menemukan solusi bilangan bulat untuk jenis masalah yang menghasilkan persamaan dalam beberapa hal yang tidak diketahui (persamaan Diophantine).

Diophantus ‘”Arithmetica”, kumpulan masalah yang memberi solusi numerik dari persamaan determinate dan indeterminate, adalah karya yang paling menonjol pada aljabar dalam semua matematika Yunani, dan masalahnya menggunakan banyak ahli matematika terbaik di dunia untuk sebagian besar masa depan. dua ribu tahun kwmudian.

Tapi Alexandria bukanlah satu-satunya pusat pembelajaran di kerajaan Yunani Helenistik.

Ada juga Apollonius dari Perga (sebuah kota di Turki selatan modern) pada akhir abad ke 3 SM yang menguasai geometri sangat mempengaruhi ahli matematika hebat Eropa.

Apolloniuslah yang memberi elips, parabola, dan hyperbola dan menunjukkan bagaimana mereka bisa diturunkan dari bagian yang berbeda melalui kerucut.

Hipparchus, yang juga berasal dari Anatolia Helenistik dan yang tinggal di abad ke-2 SM, mungkin adalah yang terbesar dari semua astronom kuno.

Dia menghidupkan kembali penggunaan teknik aritmatika yang pertama kali dikembangkan oleh orang Kasdim dan Babilonia, dan biasanya dikreditkan dengan permulaan trigonometri.

Ia menghitung (dengan akurasi yang luar biasa untuk ukuran saat itu) jarak bulan dari bumi dengan mengukur berbagai bagian bulan terlihat di lokasi yang berbeda dan menghitung jarak menggunakan sifat segitiga.

Dia melanjutkan untuk membuat tabel pertama akord (panjang sisi yang sesuai dengan sudut segitiga yang berbeda).

Pada pertengahan abad ke-1 SM dan sesudahnya, orang Romawi telah memperketat cengkeraman mereka pada kerajaan Yunani kuno.

Orang Romawi tidak tertarik pada matematika, mereka hanya menggunakan matematika untuk aplikasi praktisnya(misal perdagangan), dan rezim Kristen yang mengikutinya juga kurang begitu peduli.

Warisan matematika Helenistik terahir dari Alexandria ada pada sosok Hypatia, matematikawan wanita pertama yang tercatat, dan seorang guru terkenal yang telah menulis beberapa komentar terhormat mengenai Diophantus dan Apollonius. Dia diseret ke kematiannya oleh massa Kristen pada tahun 415 M.