Home Sains Spesies Orangutan Baru Dari Batang Toru

Spesies Orangutan Baru Dari Batang Toru

spesies orangutan baru dari batang toru

Penemuan orangutan jenis baru di pedalaman Sumatera adalah spesies kera yang paling terancam punah.

Hingga sekarang peneliti mengenali 6 spesies kera besar yaitu, orangutan sumatera, orangutan borneo, Gorila Timur, Gorila Barat, sipanse dan bonobo. Jadi kera besar jenis baru ini dinamai Pongo tapanuliensis. Jumla mereka kurang dari 800, tinggal di hutan batang toru.

“Ini tidak terjadi setiap hari,kita temukan spesies kera besar yang baru, ini sangat menakjubkan” kata penulis studi Michael Krutzen, seorang profesor antropologi evolusioner dan genomik di Departemen Antropologi di University of Zurich di Swiss, dalam sebuah pernyataan.

Sampai sampai tahun 1997, para ilmuwan bahkan tidak menyadari tentang populasi ini, hingga hanya dianggap sebagai orangutan sumatera selatan. Setelah itu, penelitian menunjukkan bahwa kelompok ini memiliki perbedaan perilaku dan genetik dari kelompok orangutan lainnya. Tapi sampai sekarang, para ilmuwan tidak dapat mengatakan dengan pasti bahwa perbedaan ini mendukung penunjukan spesies baru, kata mereka.

Itu berubah pada bulan November 2013, ketika orangutan dewasa jantan dari Batang Toru mati karena luka yang diderita oleh penduduk desa setempat. Jasad orangutan tersebut memberi para peneliti akses untuk mempelajari materi, dan pemeriksaan yang cermat menunjukkan perbedaan tengkorak dan gigi dibandingkan dengan orangutan lainnya.

Para peneliti juga mempelajari genom 37 orangutan, termasuk P. tapanuliensis, dan menemukan bahwa sekitar 3,4 juta tahun yang lalu, populasi Batang Toru dan orangutan Borneo di utara Danau Toba, di Sumatra utara, terbelah menjadi spesies yang terpisah. Kemudian, tidak lebih dari 700.000 tahun yang lalu, orangutan Borneo dan Sumatera menyimpang, menjadi spesies yang terpisah, kata periset tersebut.

Analisis dan model mereka menggambarkan sebuah skenario di mana orangutan dari daratan Asia pertama kali memasuki wilayah yang disebut Sundaland, di tenggara Asia selatan dari apa yang sekarang Danau Toba. Danau yang terbentuk di kaldera supervolcano Gunung Toba, yang bertanggung jawab atas letusan terbesar di Bumi dalam 2,5 juta tahun terakhir. Kemudian, populasi leluhur ini – yang P. tapanuliensis adalah keturunan langsung – selanjutnya akan pindah ke tempat yang sekarang menjadi Kalimantan, Jawa dan Sumatra Utara.

“Orangutan Batang Toru tampaknya merupakan keturunan langsung orangutan awal yang bermigrasi dari daratan Asia, dan dengan demikian merupakan garis evolusioner tertua di dalam genus Pongo,” kata peneliti studi Alexander Nater, yang sekarang berada di Universitas Konstanz di Jerman, “Populasi Batang Toru terhubung hingga ke utara sampai 10.000 atau 20.000 tahun yang lalu, setelah itu menjadi terisolasi.”

Saat ini, kelangsungan hidup orangutan Batang Toru terancam oleh kegiatan seperti pembangunan jalan, pembunuhan selama konflik manusia-orangutan (over harvest) dan perdagangan hewan ilegal, seperti yang dipublikasikan secara online kemarin (Nov 2) dalam jurnal Current Biology.

“Untuk memastikan kelangsungan hidup P. tapanuliensis dalam jangka panjang, tindakan konservasi perlu diimplementasikan dengan cepat,” catat mereka.